An Analysis Of Presupposition And Society’s Perspective Toward Outdoor Advertisement Slogan Found In Batam: A Pragmatic Approach

Suyono, Suyono (2018) An Analysis Of Presupposition And Society’s Perspective Toward Outdoor Advertisement Slogan Found In Batam: A Pragmatic Approach. Skripsi thesis, Prodi Sastra Inggris.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (325kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy

Abstract

Presuposisi tidak hanya terjadi dalam komunikasi langsung atau verbal, tetapi presuposisi juga terjadi dalam slogan-slogan di iklan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan tipe-tipe presuposisi (praanggapan) dan mengetahui persepsi masyarakat terhadap presuposisi dalam slogan iklan di luar ruangan yang ditemukan di Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dan menggunakan teori George Yule. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara terstruktur dengan teknik catat dan pancing (Sudaryanto). Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode descriptif kualitatif. Hasil penelitian akan disajikan dengan metode informal dalam bentuk kata kata. Hasil penelitian ini peneliti menemukan ada 23 presuposisi di slogan iklan diluar ruangan. Presuposisi tersebut dibagi menjadi beberapa tipe presuposisi seperti 9 presuposisi eksistensial (39%), 4 presuposisi faktif (17%), 1 presuposisi non-faktif (5%), 5 presuposisi leksikal (22%), dan 4 presuposisi konterfaktual (17%). Peneliti juga menemukan persepsi masyarakat terhadap presuposisi dalam slogan iklan di luar ruangan. Dari 20 responden, peneliti menemukan 460 presuposisi persepsi masyarakat terhadap presuposisi dalam 23 slogan iklan di luar ruangan. Hasil penelitian ini peneliti menunjukan bahwa ada 172 existensial presuposisi (37%), 94 faktif presupposition (20%), 66 lexikal presupposition (14%), 54 non�faktif presupposition (12%), and 74 kounterfaktual presupposition (16%). Berdasarkan persepsi masyarakat tidak ditemukan sruktural presuposisi terjadi di slogan iklan diluar ruangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Presuposisi, persepsi, iklan: presupposition, perspective, advertisement
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu-ilmu Sosial
800 Kesusastraan > 800-809 Teori Kesusastraan dan Retorika > 808.062 Abstrak dan Ringkasan Sastra
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:01
Last Modified: 31 Aug 2023 02:01
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item