Simalango, Alvino Irja Horas Tua (2017) Implementasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kerusakan Printer Brother Berbasis Desktop(Studi Kasus PT Duta Computer Kota Batam). Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (17MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem pakar adalah bagian dari kecerdasan buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar ke dalam suatu area tertentu, sehingga setiap orang yang menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik. Pada peneltian ini menggunakan metode case based reasoning (CBR) untuk membangun sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk mendiagnosa kerusakan pada printer. Metode cased based reasoning merupakanmetode yang menerapkan 4 tahapan proses, yaitu retrieve, reuse, revise, dan retain. Cara kerja system secara umum berpedoman pada basis pengetahuan yang dimiliki oleh sistem yang bersumber dari kasus-kasus yang pernah ditangani oleh seorang pakar yang kemudian dihitung tingkat kemiripannya dengan kasus baru yang dimasukan pengguna. Setelah dijalankan aplikasi ini menghasilkan sebuah system pakar yang dapat membantu dalam mendeteksi kerusakan printer brother DCM-T500W, dalam penelitian ini melakukaan tiga gelaja yaitu :kerusakan Catridge, Scroll, dan Mesin
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Case Base Reasoning, SistemPakarMendeteksikerusakan Printer, CBR untuk Printer brother DCM-T500W: Case Base Reasoning, Expert System Detecting damage Printer, Printer brother CBR for DCM-T500W |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.268 Pemrograman untuk Sistem Operasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 08:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 08:36 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3532 |
Actions (login required)
View Item |