Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat (Studi Kasus Pelanggan PT Sriwijaya Air Kota Batam)

Lubis, Ginda Wira Dharma (2017) Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat (Studi Kasus Pelanggan PT Sriwijaya Air Kota Batam). Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (12MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini persaingan bisnis di bidang penerbangan sangat ketat, dinamis sesuai perkembangan ekonomi dan teknologi, serta meningkatnya kebutuhan pelanggan. Permasalahan yang menjadi dasar penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah pelanggan yang biasanya selalu kembali melakukan transaksi, namun sekarang banyak pelanggan yang menggunakan jasa penerbangan lain. Hal ini menyebabkan perusahaan harus terus meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah melakukan penerbangan bersama PT Sriwijaya Air, sedangkan sampel yang digunakan adalah 334 pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuisioner. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan pihak manajemen PT Sriwijaya Air Kota Batam meningkatkan promosi di media-media promosi yang ada seperti baliho, radio lokal, televisi lokal, spanduk, media cetak, aktif di pameran-pameran yang ada di kota Batam, dan lain-lain. Selain itu, manajemen perusahaan juga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan seperti jam penerbangan tepat waktu, pelayanan reservation/ticketing lebih baik, memaksimalkan pelayanan selama pelanggan berada di bandara keberangkatan dan di bandara tujuan, serta kesiapan dan kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan sesuai yang diharapkan oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi & Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian: Promotion & Quality Service, Purchasing Decision
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:03
Last Modified: 30 Aug 2023 03:03
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item