Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Mitra Jaya Konstruksi di Kota Batam

Law, Joni (2017) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Mitra Jaya Konstruksi di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (11MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bisnis pada era globalisasi yang semakin membawa dampak pada persaingan yang semakin ketat dan sulit bagi perusahaan bias menembus pasar. Dalam menghadapi lingkungan persaingan yang semakin kuat dan ketat, setiap perusahaan dituntut harus mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna untuk memenangkan persaingan agar dapat tetap bertahan dan berkembang di dalam dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada PT Mitra Jaya Konstruksi di Kota Batam baik secara simultan dan parsial.Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel ditentukan menggunakan sampling jenuh, sebanyak 115 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis data penelitian ini adalah SPSS versi 21. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heterokodastisitas. Uji pengaruh menggunakan regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi (R2 ). Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan FBerdasarkan hasil uji statistik diketahui variabel harga, kualitas produk, lokasi dan keputusan pembelian merupakan data berdistribusi normal, variabel bebas tidak terjadi multikolinieritas dan heterokodastisitas. Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut, Y = 6,821 + 0,549X1 + 0,299X2 + 0,228X3Variabel harga memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,549, kemudian diikuti oleh variabel kualitas produk sebesar 0,299. Sedangkan variabel lokasi mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar 0,228. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa ketiga variabel independen yaitu harga (X1), kualitas produk (X2) dan lokasi (X3) yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa secara simultan variabel harga, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung = 219,412 > (Ftabel = 2,69). Angka Adjusted R square menunjukan bahwa 85,6% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, kualitas produk dan lokasi. Sedangkan sisanya sebesar 14,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga, kualitas produk, lokasi dan keputusan pembelian : price, quality of product, location, and purchase decisions
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:49
Last Modified: 30 Aug 2023 02:49
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item