An Analysis Of Illocutionary Speech Act Found In Commercial Advertisements On Youtube; A Pragmatic Approach

Aji, Tatag Wahyu Pringgo (2018) An Analysis Of Illocutionary Speech Act Found In Commercial Advertisements On Youtube; A Pragmatic Approach. Skripsi thesis, Prodi Sastra Inggris.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (361kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi tidak dapat dipisakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Ketika seseorang berkomunikasi maka akan menghasilkan ujaran, dimana di dalam ujaran tersebut terdapat makna yang tersirat yang disampaikan oleh sipenutur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna dan tipe tindak ilokusi pada iklan televisi yang ditemukan di YouTube. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam tahap pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dengan teknik simak bebas libat cakap. Pada proses analisis data, peneliti menggunakan metode padan dengan teknik prakmatik. Teori yang digunakan peneliti adalah teori yang diperkenalkan oleh John Searle, teori inilah yang membantu peneliti untuk merumuskan perbedaan jenis-jenis tindak ilokusi pada iklan televisi yang ditemukan di YouTube. Sementara dalam pemaknaan ilokusi itu sendiri dapat dipahami berdasarkan konteks di dalam ujaran yang dihasilkan dari sipenutur. Proses penyajian hasil penelitian menggunakan metode formal dan informal. Data tersebut di deskripsikan menggunakan kata-kata dan menggunakan table.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan 21 iklan televisi yang di temukan di YouTube. Setelah dianalisa menggunakan teori dari Searle, maka di didapatkan hasil, 3 Assertive (14.18%), 12 Directive (57.15%), 3 Commisive (14.8%), dan 3 Expressive (14.8%). Di dalam penelitian ini peneliti tidak menemikan tipe Declarative.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, ilokusi, iklan: Communication, illocutionary act advertisements
Subjects: 800 Kesusastraan > 800-809 Teori Kesusastraan dan Retorika > 808.062 Abstrak dan Ringkasan Sastra
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:50
Last Modified: 30 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item