Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk Tabungan Ekonomi Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Ekonomi Raharja Member HSBC Group Cabang Batam

Kelvianto, Edy (2017) Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk Tabungan Ekonomi Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Ekonomi Raharja Member HSBC Group Cabang Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (12MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi membuat pelaku bisnis merasakan adanya persaingan yang semakin ketat dan semakin meningkat, seiring meningkatnya pengetahuan atau kemajuan. Sudah menjadi kewajiban pelaku bisnis untuk mendapatkan keunggulan bersaing sehingga dapat memenangkan persaingan tersebut. Pelaku bisnis wajib memperhatikan pengaruh dari kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan menjadi pedoman untuk mengarahkan seluruh organisasi kearah pemenuhan kebutuhan pelanggan sehingga menjadi sumber keunggulan daya saing yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi sebanyak 150 nasabah dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 nasabah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji kolmogorov – smirnov, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas), uji pengaruh (analisis regresi linier berganda dan analisis determinasi), rancangan uji hipotesis (uji t, uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan dan produk tabungan ekonomi berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Ekonomi Raharja member HSBC Group Cabang Batam. Untuk variabel kualitas layanan pengaruhnya positif sebesar 0,279 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,039 < 0,05 dan nilai thitung 2,080 > ttabel 1,655 dan untuk variabel produk tabungan ekonomi pengaruhnya positif sebesar 0,275 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai thitung 3,075 > ttabel 1,655. Secara bersama-sama kualitas layanan dan produk tabungan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Ekonomi Raharja member HSBC Group Cabang Batam. hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai Fhitung 6,424> Ftabel 3,06.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Produk, dan Kepuasan Nasabah: Quality of Service, Product and Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:51
Last Modified: 26 Aug 2023 02:51
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item