Analisis Komunikasi dan Persepsi Masyarakat dalam Program Corporate Social Responsibility Lingkungan Hidup PT Adhya Tirta Batam di Kota Batam

Dion, Astrid Priscilla (2017) Analisis Komunikasi dan Persepsi Masyarakat dalam Program Corporate Social Responsibility Lingkungan Hidup PT Adhya Tirta Batam di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (17MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pemenuhan kewajibannya untuk melaksanakan CSR, PT. Adhya Tirta Batam (ATB) menyelenggarakan berbagai program salah satunya program penanaman pohon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi pada program penanaman pohon, mengetahui faktor�faktor yang paling mempengaruhi keberhasilan komunikasi pada program penanaman pohon, dan mengkaji persepsi masyarakat mengenai program penanaman pohon tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan aliran konstruktivisme, responden dipilih secara purposive, dan analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Penelitian ini dilakukan mulai bulan September 2016 hingga Januari 2017. Proses komunikasi yang dilakukan oleh ATB dalam program penanaman pohon terdiri atas: (1) menetapkan misi; (2) menetapkan tujuan; (3) menetapkan target; (4) menetapkan strategi; (5) merancang struktur organisasi; (6) menyediakan sumber daya mausia; (7) merancang program operasional; (8) linkage stakeholder dan pemetaan wilayah; (9) menentukan sumber dana; (10) implementasi program; (11) pelaporan program; dan (12) evaluasi program. Proses komunikasi umumnya dilakukan oleh departemen corporate communication dengan stakeholders ATB. Setiap pelaku komunikasi dapat menjadi komunikator dan komunikan. Pesan dan umpan balik adalah hal-hal terkait program penanaman pohon. Saluran komunikasi yang digunakan adalah saluran langsung dan tidak langsung. Faktor credibility dan content adalah faktor yang paling mempengaruhi keberhasilan komunikasi dalam program penanaman pohon. Tidak semua stakeholders ATB memahami bahwa program penanaman pohon adalah bentuk dari CSR perusahaan, dan apa tujuan program tersebut. Komunikasi dan kedekatan antara ATB dan stakeholders harus dijalin lebih sering dalam setiap tahap program tersebut untuk membangun kualitas hubungan yang baik. Semua stakeholders beranggapan bahwa program penanaman pohon baik untuk keberlanjutan lingkungan Kota Batam terutama dalam penyediaan kebutuhan air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Faktor Komunikasi, Persepsi Masyarakat, CSR: Communication Process, Communication Factors, Society’s Perceptions, CSR
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:03
Last Modified: 23 Aug 2023 06:03
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item