Implementasi Metode MDLC dalam Perancangan Aplikasi Berbasis Android untuk Pelajaran Seni Budaya

Kelvin, Kelvin (2022) Implementasi Metode MDLC dalam Perancangan Aplikasi Berbasis Android untuk Pelajaran Seni Budaya. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi menawarkan kesempatan untuk membuat belajar lebih menyenangkan dengan menyajikan informasi yang sama dengan cara baru. Contohnya, menawarkan pengajaran dengan permainan (games), mendorong siswa untuk melihat film instruksional, dan menggunakan sumber daya lainnya. Selain itu, teknologi dapat memfasilitasi keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelajaran, yang sulit dilakukan dalam suasana kuliah biasa atau ketika menjelaskan hanya melalui pidato. Melalui penggunaan teknologi di dalam kelas, mencakup instruktur ataupun siswa bisa memperoleh keterampilan abad ke-21 yang penting. Tujuannya agar siswa bisa mempelajari keterampilan yang diperlukan bagi kesuksesan kedepannya. Pembelajaran modern melibatkan kerja sama terhadap individu lainnya, menyelesaikan permasalahan sulit, berpikir kritis, mengembangkan sejumlah kemampuan komunikasi dan kepemimpinan, dan menciptakan peningkatan motivasi dan produktivitas. Penerapan teknologi dan keunggulan yang dihasilkan keduanya cukup luas. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang tidak mau ketinggalan dalam menyambut kemajuan teknologi. Pengembangan multimedia bisa dilaksanakan melalui penggunaan teknik Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Seni budaya adalah disiplin ilmu yang memberi peluang bagi siswa agar terlibat didalam pengalaman apresiatif dan kreatif yang beragam yang menghasilkan produksi produk nyata yang secara langsung berharga bagi kehidupan mereka. Namun, kuliah seni budaya ini jarang menarik perhatian siswa. Keterbatasan buku sumber, menurunnya motivasi belajar siswa, kebiasaan belajar, serta kurangnya kemauan dan keinginan belajar merupakan tipikal variabel internal yang menyebabkan turunnya minat siswa, sedangkan sarana dan prasarana yang tidak mencukupi menjadi penyebab eksternal. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil merancang aplikasi untuk pelajaran Seni Budaya sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MDLC, Seni Budaya, Media Pembelajaran: MDLC, Cultural Arts, Learning Media
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.43 Sistem Operasi
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 03 Jun 2023 04:37
Last Modified: 03 Jun 2023 04:37
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item