Perancangan Aplikasi Pengenalan Adat Karo Menggunakan Metode Augemented Reality 3 Dimensi

Sitepu, Ray Teofilus (2023) Perancangan Aplikasi Pengenalan Adat Karo Menggunakan Metode Augemented Reality 3 Dimensi. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (11MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Budaya adalah sebuah kebiasaan yang lahir atas dasar perilaku sehari-hari yang dianggap berkaitan erat dengan kehidupan dan proses perilaku kebiasaan itu menjadi sebuah budaya dan diterima untuk dijadikan kebudayaan dalam masyarakat tertentu. Setiap suku bangsa di dunia memiliki kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi dipulau Sumatera yang memiliki beberapa kabupaten dengan berbagai macam suku, suku Batak Toba, Mandailing, Pesisisr, Nias, Simalungun, Fak-fak/Dairi, Melayu, dan Batak Karo. Pada saat sekarang ini sudah terbilang cukup banyak para masyarakat Tanah Karo yang memilih berpindah ke daerah lain, melangsungkan kehidupannya di daerah lain di karenakan keadaan gunung di Tanah Karo yang semakin tua sehingga menjadi suatu kewaspadaan bagi masyarakat yang bertempat tinggal dekat di pergunungan dan beberapa dari keturunan yang dilahirkan diluar Tanah Karo terbilang lupa dengan rumah Adat, alat musik, pakaian, tari daerah yang berasal dari Tanah Karo. Augemented reality adalah bagian dari teknologi Virtual Environment atau yang lebih sering disebut dengan Virtual Reality (VR d)dengan metode markerless. Android merupakan suatu sistem operasi berbasiskan Linux untuk telepon seluler yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri sehingga dapat digunakan oleh berbagai macam piranti bergerak. Dengan dibuatnnya aplikasi pengenalan Adat Karo dengan nama Karonesa diharapkan mampu membantu dalam mempelajarin tentang kelestarian budaya Adat Karo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android, Adat Karo, Augemented reality, Markerless: Android, Augemented reality, Karo Custom, Markerless
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.4 Sistem Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 30 May 2023 04:58
Last Modified: 30 May 2023 04:58
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item View Item