Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Pemko Batam di Mal Pelayanan Publik Kota Batam

Supriatna, Riana Agustina (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Pemko Batam di Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy

Abstract

Kota Batam adalah kota yang sangat strategis dibandingkan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia karena berada pada jalur pelayaran internasional tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau dan berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Penerapan kebijakan otonomi daerah menimbulkan harapan besar bagi masyarakat, terutama dalam hal peningkatan mutu pelayanan. Hal ini disebabkan karena pelayanan yang diselenggarakan oleh birokrasi cenderung lama, berbelit-belit, dan tidak tranparan dengan pengajuan persyaratan yang rumit dan banyak mengeluarkan biaya bahkan waktu yang tidak menentu. Fasilitas yang disediakan sudah tidak terawatt lagi dimana terdapat kebocoran ketika hujan deras, suhu ruangan yang lambat dingin, toilet yang disediakan kotok dan banyak yang rusak, escalator yang tidak berfungsi dan yang terakhir kecepatan internet untuk public yang lambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada Pemko Batam di Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah datang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 100 pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuisioner. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan pihak manajemen Pemko Batam di Mal Pelayanan Publik Kota Batam dapat meningkatkan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan, Quality of Service, Facilities, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:21
Last Modified: 01 Apr 2021 09:34
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item