Implementasi Aplikasi Game Trivia Coding C# dengan Metode Gdlc Berbasis Android

Winsen, Winsen (2023) Implementasi Aplikasi Game Trivia Coding C# dengan Metode Gdlc Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (15MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

C# dapat digunakan untuk mengembangkan banyak jenis aplikasi termasuk: Aplikasi desktop (untuk Windows, WPF), Aplikasi Web (ASP.Net), Aplikasi Seluler (Xamarin) sehingga terdapat banyak sekali peluang kerja jika belajar C#. Menurut survey oleh di tahun 2023 C# menduduki peringkat ke 4 untuk bahasa pemograman yang paling dicari untuk pekerjaan, bahkan lebih populer dari typescipt, C++, dan php. 34% dari game seluler gratis teratas dibuat menggunakan C#, bersama dengan aplikasi realitas virtual. Tetapi di playstore dan sumber lainnya minim sekali aplikasi dan media pembelajaran C# yang berbahasa indonesia akibatnya pengguna yang tidak berbahasa inggris susah sekali belajar bahasa pemograman ini. Maka untuk itu game ini dikembangkan karena kurangnya media pembelajaran C# berbasis game dan bahasa Indonesia. Tujuan pengembangan game ini adalah untuk menambah media pembelajaran coding C# berbasis bahasa Indonesia dan meningkatkan keterampilan pengguna dalam coding C#. Perancangan game ini menggunakan metode GDLC yang memiliki tujuh tahapan yaitu Initiation, Team Building, Pre Production, Main Production, Alpha Version, Beta Version dan Release Version. Penelitian ini juga menggunakan UML untuk menggambarkan cara kerja game ini yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Peneliti menggunakan Unity dan Visual Studio Code untuk mendesain game ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game trivia coding C# berbasis Android yang berbahasa indonesia dan mampu membantu kalangan pengguna yang tidak berbahas inggris dalam pembelajaran coding C#. Hasil pengujian game ini berfungsi sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GDLC, Game Edukasi, UML, Unity, Visual Studio Code: Education Game, GDLC, UML, Unity, Visual Studio Code
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Melsa Yulia
Date Deposited: 27 May 2023 03:36
Last Modified: 27 May 2023 03:36
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item