Analisis Pengetahuan, Pemahaman dan Bandwagon Effect terhadap Minat Investasi Mahasiswa pada Prodi Akuntansi di Kota Batam

Ningrum, Diah Anggraini Asri (2023) Analisis Pengetahuan, Pemahaman dan Bandwagon Effect terhadap Minat Investasi Mahasiswa pada Prodi Akuntansi di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (11MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minat investasi pada mahasiswa menunjukan adanya pemahaman dari suatu pengetahuan yang dipelajari. Pemahaman mengenai investasi bisa dilihat dari seberapa minatnya mahasiswa dalam berinvestasi. Salah satu cara untuk mengetahui minat mahasiswa dalam berinvestasi yaitu dengan menganalisis pengetahuan, pemahaman dan bandwagon effect. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan, pemahaman dan bandwagon effect terhadap minat mahasiswa berinvestasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan, pemahaman dan bandwagon effect dan untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat investasi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi akuntansi dikota batam sebanyak 1.476 mahasiswa. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik non probability sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 94 orang. Uji analisis yang digunakan adalah uji validitas data, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini pengetahuan investasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi, pemahaman investasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi, bandwagon effect berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi dan pengetahuan, pemahaman dan bandwagon effect secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi. Besarnya pengaruh variable independent terhadap variable dependen adalah 0,699 persen yang ditunjukan oleh R Square yang berarti minat mahasiswa berinvestasi dipengaruhi oleh pengetahuan investasi, pemahaman investasi dan bandwagon effect sebanyak 69,9% dan 30,1% lainnya dipengaruhi oleh variable lainnya selain variable penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pemahaman, Bandwagon Effect, Minat Mahasiswa Investasi: Knowledge, Understanding, Bandwagon Effect, Student Interest in Investing.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.48 Akuntansi Analitik, Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 20 May 2023 02:45
Last Modified: 20 May 2023 02:45
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item