Bahari, Sahar Bin (2022) Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Lahir di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (618kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (862kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pemerintah memiliki kewajiban dalam menyediakan dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat, salah satunya yaitu pelayanan administrasi kependudukan. Pemerintah Kota Batam sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, membentuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam sebagai instansi yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kota Batam, namun masih terdapat masalah terkait dengan penyelenggaraan pelayanan, di antaranya keterlambatan dalam pengurusan dan pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kota Batam. Beberapa penelitian terdahulu juga mengungkapkan bahwa pelayanan yang kurang berkualitas sangat rentan terjadi di Disdukcapil dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pembuatan akta lahir di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam dari indikator reliability, pelayanan pembuatan akta lahir telah diberikan sesuai dengan seluruh informasi yang didapatkan oleh masyarakat di awal. Indikator tangibles, beberapa sarana prasarana masih belum mencukupi. Indikator responsiviness, pelayanan pembuatan akta lahir yang diberikan memiliki kecepatan yang baik. Indikator assurance, pegawai berperilaku baik dalam memberikan pelayanan pembuatan akta lahir. Indikator emphaty, upaya mencari tahu apa saja aspirasi dan harapan masyarakat terkait pelayanan pembuatan akta lahir telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akta Lahir, Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Publik: Birth Certificate, Quality of Public Service, Public Service. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 09:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 03:24 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2506 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year