Fuzzy Logic untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pengunjung Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang

Sapitri, Sapitri (2020) Fuzzy Logic untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pengunjung Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy

Abstract

Dendang Melayu merupakan salah satu obyek wisata di kota Batam yang terletak di jembatan 1 barelang yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan. tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara, seperti Singapore dan Malaysia. Kepuasan wisatawan merupakan hal utama yang harus diberikan, baik dari segi fasilitas umum, prasarana umum, tiket masuk kendaraan, dan keamanan. Yang pada dasarnya bisa menggambarkan tempat wisata yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Kepuasan merupakan perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dari harapannya. Tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dan harapan. Logika fuzzy merupakan salah satu cara untuk menggambarkan suatu ruangan masukan didalam sebuah output yang mempunyai perhitungan yang berlanjut. Keunggulan logika fuzzy terdapat pada kapasitas penyaluran suatu bahasa. Yang mana, didalam perancangan tidak lagi menggunakan persamaan perhitungan yang komplek dari sebuah sasaran yang dikontrol. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode mamdani untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung dendang melayu jembatan 1 barelang. Dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden diperoleh hasil dengan nilai 66,4 yaitu puas. Dari nilai input variabel fasilitas umum 79,1, prasarana umum 75,25, tiket masuk kendaraan 75,5, dan keamanan 78,5. Dari hasil penelitian ini dapat menyampaikan representasi kepada pihak pengelola Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang yang dibutuhkan oleh pengunjung. Sistem inferensi yang digunakan dapat mendukung pihak pengelola Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang didalam mengukur kepuasan pengunjung dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Logic;Metode Mamdani; Kepuasan: Fuzzy Logi; Mamdani Method; Visitor Satisfa
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Melsa Yulia
Date Deposited: 25 Nov 2022 10:27
Last Modified: 25 Nov 2022 10:27
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item