Fuzzy Logic dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Grosir Buana Impian)

Hijriani, Hijriani (2020) Fuzzy Logic dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Grosir Buana Impian). Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah menimbulkan perubahan yang sangat signifikan akan persaingan usaha yang sedang berkembang, perkembangan ini meliputi ilmu pengetahuan serta teknologi yang memudahkan segala aktifitas dalam berbagai bentuk aspek kehidupan. Dalam menjalani hidup manusia tidak akan terlepas dari permasalahan yang sedang dihadapi akan keperluan sehari-hari seperti bahan pokok khususnya, keperluan ini akan menimbulkan berbagai macam aspek pertimbangan dalam memilih sebuah produk. Bagi dunia Perdagangan kepuasan pelanggan adalah point yang sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis, karena kepuasan dapat mengukur seberapa berhasil penjualan tersebut serta pelayanan yang diberikan kepada seorang konsumen. Dan untuk mengukur kepuasan pelanggan ini maka diperlukan metode evaluasi terhadap keinginan seorang konsumen, apakah konsumen sudah merasa puas dengan kriteria-kriteria yang telah diberikan atau belum memenuhi apa yang diinginkan oleh konsumen tersebut. Untuk menentukan kepuasan pelanggan membutuhkan variabel input dan output, terdiri dari harga, pelayanan, kualitas dan kebersihan untuk variabel output adalah keputusan hasil tingkat kepuasan pelanggan yaitu puas atau tidak puas. Dalam penelitian ini si peneliti menggunakan Metode Mamdani yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Analisa data dimulai dengan mengolah data hasil penyebaran kuesioner yang dilakukan di grosir buana impian , serta melakukan perhitungan analisis dengan Tangibles (berwujud) untuk membentuk himpunan fuzzy yang selanjutnya mengolah data kedalam aplikasi. Berdasarkan hasil pengujian secara manual dengan hasil yang di peroleh yaitu: 59,9013 dan hasil pengujian di hitung aplikasi matlab R2013 dengan hasil 56,9 disimpulkan bahkan keduanya termasuk ke katagori domain yang sama, tingkat kepuasan pelanggan yaitu puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy logic; Metode mamdani; Kepuasan.:fuzzy logic; Mamdani method; Visitor satisfacition.
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 24 Nov 2022 11:41
Last Modified: 24 Nov 2022 11:41
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item