Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Algoritma C4.5 pada PT Wook Global Technology

Valentino, Valentino (2020) Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Algoritma C4.5 pada PT Wook Global Technology. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (519kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy

Abstract

PT. Wook Global Technology merupakan salah satu distributor yang menjual produk aksesoris handphone yang terdiri dari power bank, charger dan kabel data. PT. Wook Global Technology yang memiliki kantor pusat di Jakarta memiliki cabang perusahaan di Kota Batam. Pada tahun 2019, diketahui penjualan dari produk aksesoris handphone yang dijual tidak selalu mengalami peningkatan pada bulan tertentu, hasil penjualan produk aksesoris handpone terkadang mengalami penurunan. Melihat permasalahan tersebut, penulis ingin melakukan analisis kepuasan pelanggan terhadap produk PT. Wook Global Technology dengan tujuan perbaikan dan evaluasi produk serta mengetahui kepuasan dari pelanggan cabang perusahaan PT. Wook Global Technology di Kota Batam. Dalam pelaksanaan penelitian mengenai analisa kepuasan pelanggan dari PT. Wook Global Technology, penulis melakukan metode atau teknik dari data mining menggunakan klasifikasi decision tree atau pohon keputusan serta algoritma jenis C4.5 yang dilakukan dengan perhitungan secara manual dan juga menggunakan aplikasi WEKA versi 3.9.2. Hasil dari klasifikasi data yang diperoleh dengan aturan pada pohon keputusan dengan jenis algoritma dari C4.5 secara manual dengan aturan if-then menggunakan aplikasi WEKA versi 3.9.2 sama-sama benar dan akurat sehingga memudahkan penulis saat melakukan penelitian berdasarkan data hasil kuesioner yang diberikan kepada pemilik toko yang menjadi pelanggan cabang perusahaan PT. Wook Global Technology di Kota Batam. Dan terakhir sesuai dengan hasil perhitungan dan pengujian, penulis juga berpendapat bahwa dari proses analisa kepuasan pelangan yang dilakukan ternyata secara cukup besar dipengaruhi oleh beberapa atribut dari variabel kepuasan pelanggan, yaitu atribut ketersediaan, atribut garansi dan atribut kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Algoritma C4.5, Analisis, Data Mining, Kepuasan Pelanggan.: Algorithm C4.5, Analysis, Customers Satisfaction, Data Mining
Subjects: 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika > 518.1 Algoritma
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:22
Last Modified: 23 Nov 2022 07:22
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item View Item