Analisis Perlindungan Hukum terhadap Nasabah Korban Kejahatan Penggandaan Kartu Anjungan Tunai Mandiri pada Perbankan (Studi Kasus pada PT Bank Central Asia, Tbk)

Juliana, Juliana (2020) Analisis Perlindungan Hukum terhadap Nasabah Korban Kejahatan Penggandaan Kartu Anjungan Tunai Mandiri pada Perbankan (Studi Kasus pada PT Bank Central Asia, Tbk). Skripsi thesis, Prodi Ilmu Hukum.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas bank berupa ATM (Anjungan Tunai Mandiri), merupakan sarana teknologi yang dapat melayani kebutuhan nasabah secara otomatis setiap saat (24 jam) dan 7 hari dalam seminggu termasuk hari libur, namun dibalikkemudahan dan keamanan teknologi mesin ATM ternyata masih terdapat kelemahan. Kenyataan yang terjadi dilapangan, masyarakat dikejutkan dengan hilangnya sejumlah dana nasabah melalui mesin ATM tanpa diketahui siapa dan kapan transaksi tersebut dilakukan sedangkan nasabah pemilik kartu tidak merasa melakukan transaksi yang dimaksud. Kajian yang dilakukan pada penelitian ini meliputi. Bagaimana perlindungan hukum terhadap nasabah korban kejahatan penggandaan kartu ATM pada perbankan? Dan Apa saja kendala yang dihadapi pihak bank terhadap kejahatan penggadaan kartu ATM? Serta menggunakan Metode Penelitian Hukum Yuridis Sosiologis dengan menitik beratkan dari hasil penelitian lapangan pada kantor bank BCA KCP Tanjung Uncang Batam. Apabila terjadi masalah dalam penggunaan kartu ATM sehingga mengakibatkan kerugian yang dalam hal bukan dikarenakan kesalahan dari nasabah maka pihak bank wajib mengganti kerugian sebagaimana hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen pada pasal 7 huruf f dan huruf g. Prosedur penanganan pelaporan dugaan penggandaan kartu ATM agar dapat ditangani dan diproses oleh pihak bank BCA KCP Tanjung Uncang Batam terhadap nasabah korban penggandaan kartu ATM adalah melaporkan persoalan yang dialami kepada pihak Bank, lalu kemudian Nasabah atau konsumen diwajibkan melaksanakan prosedur standar yang ditetapkan oleh Bank BCA dari seluruh kantor cabang BCA termasuk BCA KCP Tanjung Uncang Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anjungan Tunai Mandiri, Ganti Rugi, Nasabah: Automatic Teller Machine, Compensation, Customer.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340-349 Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Hukum
Depositing User: Melsa Yulia
Date Deposited: 22 Nov 2022 11:45
Last Modified: 22 Nov 2022 11:45
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item