Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking di Bank Sinarmas Cabang Batam

Stefanie, Stefanie (2020) Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking di Bank Sinarmas Cabang Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan dan memudahkan kehidupan masyarakat. Hampir semua sektor bisnis pada zaman sekarang memanfaatkan teknologi informasi demi kelancaran bisnisnya. Pada sektor perbankan memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan aplikasi berupa mobile banking. Adapun dalam meningkatkan jumlah pengguna daripada aplikasi mobile banking tersebut biasanya di pengaruhi dari variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan serta minat menggunakan mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking di Bank Sinarmas Cabang Batam. Populasi yang diteliti pada penelitian ini adalah nasabah sebagai pengguna aplikasi mobile banking simobi plus di Bank Sinarmas Cabang Batam yaitu sebanyak 314 nasabah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 176 nasabah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pada penelitian ini, data diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25 untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji regresi linier berganda yang menunjukan bahwa variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan mobile banking dengan berdasarkan hasil dari persamaan regresi dan nilai adjusted R square. Uji kualitas data yang digunakan penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang menunjukkan bahwa indikator yang digunakan valid dan reliabel untuk mengukur variabel yang ada. Pengujian hipotesis menggunakan uji T yang menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking. Kemudian dari hasil uji F (Simultan) menunjukan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Menggunakan Mobile Banking; Persepsi Kemudahan; Persepsi Manfaat: Intention To Use Mobile Banking; Perceived Ease Of Use; Perceived Usefulness
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:35
Last Modified: 21 Nov 2022 05:35
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item