Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur

Ariono, Joko (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (500kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pasar membuat para usahawan terus menyesuaikan diri dan memantau persaingan bisnis sekarang ini. Kunci perusahaan dalam memasarkan barang ataupun jasa yaitu dengan menentukan strategi yang baik atau sesuai dalam menghadapi persaingan yang terdapat pada pasar. Kualitas pelayanan juga sebagai faktor yang menentukan perusahaan dapat berhasil. Dikarenakan jika kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat diterima dengan baik atau dengan kata lain sesuai dengan harapan konsumen tersebut, maka konsumen itu akan merasakan percaya dan puas serta akan menjadi pelanggan setia dari perusahaan itu. Kepercayaan juga menjadi salah satu faktor yang dapat memenangkan persaingan dalam perusahaan. Keyakinan juga dapat menambah nilai positif baik itu keyakinan satu pihak pada ketahanan, reliabilitas ataupun yang lainnya. Jika perusahaan dapat membuat pelanggan merasa puas, maka dapat menciptakan loyalitas pelanggan pada perusahaan. Dari riset ini memiliki jenis penelitian kausal komparatif, dengan jumlah populasi 122 pelanggan. Kemudian teknik besaran sampel menggunakan non probability sampling yang mana jumlah sampel sama dengan populasi. Riset ini memperoleh hasil variabel kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh sebesar 82,5% terhadap loyalitas pada pelanggan. Dan sisa 17,5% akan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke penelitian ini. Dan dapat disimpulkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur, dan kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur, kemudian kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur, lalu kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan: Service quality, Trust, Customer satisfaction, Customer loyalty
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:03
Last Modified: 28 Oct 2022 02:03
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item