Putri, Enggal Mulia (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Shopee Pada Masyarakat Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (966kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan usaha yang diberikan oleh perusahaan untuk menciptakan loyalitas konsumen dengan memenuhi kebutuhan dan kemauan konsumen. Penetapan harga adalah penilaian konsumen terhadap kesesuaian harga yang ditawarkan oleh penjual dan keberterimaan harga oleh konsumen jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual lain. Kualitas pelayanan dan harga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen e-commerce shopee. Metode kuantitatif menjadi jenis penelitian yang telah ditetapkan oleh peneliti. Penelitian deskriptif menjadi desain atau sifat penelitian yang digunakan dan alat analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dan jenis insidental sampling, untuk pengambilan sampel menggunakan rumus lemeshow. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas e-service dinyatakan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. konsumen e-commerce shopee dengan memperoleh hasil sebesar 0,016 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 2,454 > t tabel 1,661. Penetapan harga dikatakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan memperoleh hasil sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai hitung 5,330 > t tabel 1,661. Kualitas pelayanan dan harga dapat dinyatakan berpengaruh secara bersama-sama dengan memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung sebesar 66,552 > F tabel 3,09. Uji koefisien determinasi menghasilkan R square sebesar 0,578 atau 57,8% dengan arti variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan konsumen (Y) sebesar 57,8%, sisanya sebesar 4,22% dipengaruhi oleh variabel lain tidak dipelajari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Penetapan Harga; Kepuasan Konsumen : Quality of Service, Pricing, Consumer Satisfaction |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.306 Analisa Pekerjaan Manajemen Personalia 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4013 Manajemen Kontrol dan Kualitas 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Rehan |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 06:04 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 06:09 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1527 |
Actions (login required)
View Item |