Wicaksono, Dicky Eko (2020) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan di Rumah Makan Pacitan dengan Pendekatan Fuzzy Mamdani. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover s.d bab III.pdf - Published Version Download (978kB) |
|
Text
bab IV & V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus diprioritaskan oleh pedagang yang bergerak di bidang kuliner adalah kepuasan konsumen agar dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar. Untuk mengukur kepuasan konsumen terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan fasilitas, rasa masakan, kebersihan dan kualitas pelayanan juga sangat berpengaruh kepada tingkat kepuasan, dan dari tingkat kepuasan konsumen di Rumah makan pacitan dianalisis menggunakan fuzzy Mamdani dengan software mathlab dan dibantu dengan SPSS. Perancangan sistem untuk mendapatkan output dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pembentukan himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi (pembentukan aturan fuzzy), komposisi aturan fuzzy, penegasan (defuzzifikasi).Output yang diperoleh yaitu tingkat kepuasan pelanggan dengan bilangan riil (nilai rill) yang artinya pelanggan merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan di Rumah Makan Pacitan. Logika fuzzy merupakan sistem untuk memecahkan masalah yang cocok untuk diterapkan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana dan sistem kecil berbasis akuisisi data. Dengan menerapkan logika fuzzy dalam mendukung keputusan yang akan diambil diharapkan menghasilkan suatu keputusan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tersebut tentunya rumah makan pacitan dapat mengetahui tingkat kepuasan yang di dapatkan dari konsumen ketika berkunjung ke rumah makan pacitan. Tentunya dengan perhitungan manual yang bisa diterpakan dan disamakan dengan perhitungan pada Matlab. Maka dari itu, penulis mencoba membuat penelitian analisis kepuasan pelanggan diwarung makan pacitan dengan menggunakan logika fuzzy metode mamdani.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fuzzy Mamdani, Tingkat Kepuasan Pelanggan, Kuliner, Rumah Makan |
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Chrisna Sumbayak |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:49 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 09:10 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/116 |
Actions (login required)
View Item |