Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Sparepart Mobil Berbasis Android

Sihombing, Joel (2021) Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Sparepart Mobil Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari perubahan kehidupan manusia dan seiring berkembangnya waktu teknologi mengalami perluasan yang sangat luas misalnya pada perkembangan perangkat lunak, metode dalam bisnis, metode pembelajaran, bidang otomotif, pertanian dan lain sebagainya. Teknologi mempunyai fungsi sangat vital sebagai pendukung aktivitas kehidupan manusia, sebagai contoh adalah berkembangnya teknologi pada smartphone yang dilengkapi dengan fitur yang canggih. Augmented Reality merupakan teknologi yang berkembang pada saat ini dimana teknologi tersebut memanfaatkan kecanggihan dari fitur yang dimiliki oleh smartphone sehingga dapat menampilkan objek dari dua dimensi menjadi 3D. Sparepart mobil adalah suatu benda yang terdiri dari beberapa komponen yang mempunyai fungsi yang sangat penting pada setiap kendaraan. Tanpa ada sparepart pada kendaraan tentunya kendaraan tersebut tidak dapat bergerak. Sparepart mobil memiliki fungsi tertentu untuk memenuhi kebutuhan kendaraan dengan demikian kendaraan bisa dioperasikan sesuai dengan fungsinya. Pengenalan sparepart mobil masih menggunakan gambar atau poster, pengenalan dengan cara tersebut tidak lengkap sehingga pembeli atau pengguna tidak paham secara keseluruhan komponen tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality proses pengenalan sparepart mobil dapat dibuat lebih menarik dengan berbasis digital dengan sistem operasi android. Aplikasi Augmented Reality dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C# pada Unity dan memggunakan Vuforia database. Aplikasi yang dihasilkan adalah aplikasi Augmented Reality menggunakan objek sparepart mobil sebagai objek yang akan dikenalkan pada aplikasi ini dalam bentuk tiga dimensi. Marker merupakan penanda sperti gambar dimana ketika kamera smartphone diarahkan ke marker atau penanda tersebut dapat menampilkan objek 3D. Aplikasi Augmented Reality dapat dimanfaatkan di smartphone dan dipakai oleh mekanik, sales dan masyarakat luas dengan demikian bisa menjadi sarana alternatif yang lebih menarik dalam pengenalan sparepart mobil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Sparepart Mobil, Vuforia, Unity Engine, Car Spareparts, Vuforia, Unity Engine
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.3 Program
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.43 Sistem Operasi
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 18 Sep 2021 04:11
Last Modified: 18 Sep 2021 04:11
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item