Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Minimarket

Sinaga, Dewi Febryanti Sesilia (2021) Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Minimarket. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan pertumbuhan minimarket di Indonesia setiap tahun mengalami kenaikan yang tidak diduga, Hal ini membuat kaum pebisnis minimarket semakin was – was dan ingin menciptakan rencana yang efektif demi pertahanan bisnis kedepannya. Satu dari banyak minimarket yang masih bertahan di Kota Batam hingga saat ini adalah Join Mart. Pada Join Mart ini seringkali dijumpai beberapa persoalan, diantaranya belum adanya pengontrolan stok pada barang, tata letak barang belum diatur, dan data dibiarkan hanya menumpuk saja. Hal itu dapat membuat minimarket tidak mengalami pergerakan dalam hal pengembangan bisnis, dan bisa jadi membutuhkan pengeluaran yang besar karena pengontrolan persediaan barang belum diterapkan. Teknik data mining yang bisa diterapkan dalam pemecahan persoalan ini adalah algoritma apriori atau asosiasi. Teknik tersebut ditujukan untuk mengelola data setiap kejadian transaksi berlangsung, dan menganilisa pola pola dari setiap pembelian oleh konsumen sehingga nantinya akan didapati barang yang selalu timbul bersamaan, maka tata peletakan setiap barang tersebut akan didekatkan agar lebih cepat ditemukan. Pihak minimarket juga dapat memantau persediaan barang agar tidak kurang ataupun berlebih. Teknik dalam pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti ialah observasi, wawancara serta studi pustaka. Metode penelitian yang diterapkan peneliti, pertama pemilihan data, mengimplementasikan teknik asosiasi, dan terakhir menguji dengan software tanagra. Pada penelitian ini ditemukan hasil yang menempati posisi tertinggi adalah gula, tepung dan minyak, dengan jumlah support yang didapat 39,28 % serta confidence 84,61%. Dengan diterapkannya data mining ini, dapat memberi manfaat bagi minimarket karena mempermudah dalam proses penyediaan barang serta mengatur letak yang sesuai dengan pola pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asosiasi, Data Mining, Apriori, Tanagra, Association, Data Mining, Apriori, Tanagra
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.74 Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika > 518.1 Algoritma
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:31
Last Modified: 17 Sep 2021 03:31
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item