Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia Berbasis Android

Ginting, Asher Azriel (2021) Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy

Abstract

Perlunya pengetahuan terhadap perkembangan teknologi augmented reality pada smartphone sebagai media pembelajaran yang dipelajari di SDN 003 kelas V Sagulung Kota Batam. media yang digunakan masih menggunakan buku dan papan tulis saja, ini yang menyebabkan kurangnya minat siswa-siswi dalam belajar sejarah. Sistem pembelajaran yang masih tradisional berpedoman pada buku saja sehingga siswa-siswi merasa bosan ketika belajar. Dengan pemanfaatan teknologi augmented reality ini akan membuat pembelajaran semakin modern, sehingga dapat menarik minat siswa untuk lebih giat belajar sejarah kemerdekaan Indonesia berbasis digital atau melalui media yang semakin canggih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membangun dan mengimplementasikan aplikasi augmented reality. Penelitian ini dibutuhkan beberapa langkah dalam proses perancangan aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia berbasis android seperti identifikasi masalah, perumusan masalah, studi literatur, pengumpulan data, perancangan aplikasi, pengujian dan hasil dari aplikasi yang dibuat. Penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan Sejarah Kemerdekaan Indonesia buat kelas V di SDN 003 Sagulung Kota Batam, berdasarkan materi dari kurikulum 2013. Materi pembelajaran diambil berdasarkan pada buku pembelajaran Tematik 7 yaitu tentang peristiwa dan kehidupan siswa. Unity 3D sebagai software yang digunakan untuk membuat aplikasi. Blender berfungsi untuk membuat objek 3D. Vuforia SDK sebagai database dari marker. C# merupakan bahasa pemrograman yang digunakan, Photoshop sebagai desain dari tampilan aplikasi, dan Balsamiq Wireframe sebagai rancangan antarmuka. Aplikasi dari augmented reality dibuat untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran yang sangat menarik tentang sejarah kemerdekaan indonesia yang bisa digunakan oleh siswa dimana saja dan kapan saja. dengan adanya teknologi augmented reality bisa menjadi media pembelajaran yang sangat menyenangkan dalam mempelajari pembelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Unity 3D, Vuforia SDK
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.74 Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.7 Sistem-sistem Multimedia
300 Ilmu Sosial > 370-379 Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
900 Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 950-959 Sejarah Umum Asia > 959.8 Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:42
Last Modified: 15 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item