Analisis Penentuan Kriteria Sentra Oleh-Oleh Khas Batam

Utami, Riska Putri (2021) Analisis Penentuan Kriteria Sentra Oleh-Oleh Khas Batam. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (945kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Batam memiliki bermacam jenis oleh-oleh. Hanya saja Pulau Batam masih belum memiliki fasilitas khusus yang menjual oleh-oleh tersebut. Dengan demikian, Batam perlu mengadakan sentra yang menyediakan secara khusus oleh-oleh khas Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kriteria prioritas pada pusat oleh-oleh di Batam, sebagai bahan pertimbangan dalam membangun usaha di bidang pariwisata khususnya dalam menentukan lokasi untuk menjadi pusat penjualan oleh-oleh khas Batam. Metode yang digunakan adalah QFD (Quality Function Deployment) dengan menganalisis data VoC yang telah diperoleh. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin. Hasil yang diperoleh bahwa kriteria sentra souvenir memiliki prioritas tertinggi yaitu memiliki tampilan yang cantik dan menarik serta tersedianya ruangan desinfektan sterilisasi COVID-19 di pintu masuk sentra dengan nilai 4,52. Kriteria prioritas terendah adalah kinerja khusus daerah dengan nilai kepentingan 3,86, respon teknis dengan prioritas tertinggi terletak di tepi jalan raya, dengan nilai Technical Importance Rating 239,2, nilai Absolute Importance sebesar 173,9, dan nilai Kepentingan Relatif adalah 10,18%. Prioritas terendah berada pada kriteria penyediaan chamber atau ruangan khusus untuk desinfektan dan alat pemeriksa suhu, dengan nilai Technical Importance Rating sebesar 55,9, nilai Absolute Importance sebesar 40,7, dan nilai Relative Importance sebesar 2,38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rumah Kualitas, Kriteria Sentra, QFD, Suara Konsumen, House Of Quality, Criteria Of Central, Quality Function Deployment Voice Of Customer
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.5 Manajemen Produksi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:03
Last Modified: 15 Sep 2021 02:03
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item